Monday, November 22, 2010
Kulap sesi 2 KOnstruksi jalan TOL Semarang Bawen
selamat pagi semuanya,,, yah mumpung masi pagi dan enggak terlalu hectic saya mau cerita tentang kuliah lapangan yang kedua nih,, khan kemaren saya udah cerita tentang kuliah lapangan yang di waduk jatigede nah, sekarang di destination yang kedua neh..
lokasi tempat kuliah lapangan yang kedua terletak di kota semarang. wew panaaas banget bila dibandingkan di bandung, pengenya buru buru balik ke Bis (karena ada AC),katanya sih denger denger jalan tol ini dibuat untuk memenuhi salah satu targetan pemerintah dimana akan ada jalan yang menyambung dari jakarta ampe surabaya (mungkin TOLnya nyambung terus dari jakarta ampe surabaya ntar.),
wow.. disini selain jalan tol, yang mengagumkan adalah kontruksi jembatanya, ada 3 jembatan yang saya liat (denger denger sih, jembatanya yang buat dosen sendiri wew.. memang dosen ane Dewa banget deh... )
ada tiga jembatan pada proyek tersebut yaitu, jembatan Banyumanik 1, jembatan Banyumanik 2, dan jembatan gedawang yang kalau enggak salah panjangnya 170 m, 384 m, dan 470 m,
pada saat ngeliatin jembatan, kami dipandu tentunya oleh pemandu dari KOntraktor Adhi karya, yah kami bertanya bagimana jembatan itu dibuat, kenapa begini lah, kenapa begitu lah, dan lain sebagainya, Selanjutnya kami juga melihat bagian yang lain dari proyek tersebut yang belum selesai. disini sedang ada Bor pile,
(ntar bisa diliat dibawah foto nya )
wah bener bener bagus dan bermanfaat bagi orang banyak.. pengeeen banget ntar bisa bikin kayak begitu, yah minimal berkontribusi dalam pembuatannya. heheh
owh klo yang pengen baca latar belakang kenapa jalan tol dibuat silahkan baca bagian ini ya... (klo yang mau langsung liat foto foto dibawah juga ga papa)
Latar Belakang
sebagai bagian dari jalan TOL Trans Jawa, Jalan tol
semarang-solo memiliki arti yang strategis bagi
pengembangan jaringan jalan secara khusus di Jawa
Tengah dan Juga bagi perkembangan jaringan jalan
dalam skala regional.
seiring perkembangan wilayah provinsi jawa tengah
yang cukup pesat makan semarang sebagai ibukota
provinsi memiliki peran besar dalam mendorong
kegiatan perekonomian yang diperkuat transportasi
pelabuhan laut tanjung emas dan bandara ahmad yani,
dukungan aksesibilitas dari dan kearah kota lewat
jaringan jalan nasional maupun regional sudah
merupakan kebutuhan pokok untuk memecahkan masalah
trasportasi darat.
jalan tol semarang-solo dibagi menjadi 2 tahap yang
terdiri dari ruat semarang - Bawen dan ruas bawen -
solo, di antara semarang bawen terdapat kawasan
industri yang potensial di daerah ungaran, saat ini
jaringan jalan yang melewati daerah tersebut sering
terjadi kemacetan. dengan dibangunnya jalan tol
semarang solo maka aksesibilitas antar kawasan dapat
lebih singkat dari sisi jarak tempuh dan waktu
perjalanan.
disisi lain, solo adalah salah satu kota budaya dan
pariwisata yang penting dalam skala nasional selain
juga terdapat pengembangan industri, aksesibilitas
dari kawasan ini ke pelabuhan laut di semarang akan
meningkat dengan dibangunnya jalan tol semarang -
solo, dengan meningkatnya kegiatan industri maka akan
berdampak positif bagi kondisi ekonomi kawasan secara
umum.
jalan tol dengan total panjang 75.67 km ini akan
dibangun dan dikelola oleh PT Trans Marga Jateng.
yang merupakan perusahaan patungan antara PT jasa
Marga (Persero ) TBk dan PT sarana pembangunan jawa tengah.
jalan tol ini dikerjakan secara bertahap pada tahap awal, akan dibagun ruas semarang ungaran sepanjang 14.1 Km yang menghubungkan semarang dengan ungaran, pada tahap ini pekerjaan dibagi menjadi 3 paket pekerjaan yang masing masing dikerjakan oleh kontraktor yang berbeda yang diharapkan akan mempercepat penyelesaian konstruksi pembangunan jalan tol tersebut.
pada tahap selanjutnya akan dibangun ruas ungaran -bawen sepanjang 9.km sebagimana ruas semarang - ungaran. pekerjaan konstruksi semarang -bawen ini juga dibagi dalam 3 paket yang masing masing dikerjakan oleh 3 kontraktor yang berbeda yang diharapkan akan mempercepat penyelesaian konstruksi pembangunan jalan tol tersebut
sedikit dokumentasi di kulap 2
Subscribe to:
Posts (Atom)