welcome

Berbagi cerita apa apa yang terlintas dalam pikiran..

Tuesday, September 14, 2010

Gengsi Mengalahkan segalanya

kenapa sih orang lebih pilih rolex yang harganya > 100 juta dari pada jam lain kalau cuma buat nunjukin waktu ajah
padahal banyak jam-jam yang dijual di pinggiran jalan yang bermerk lain tapi berfungsi sama dan awet pula
kenapa sih orang lebih pilih pake mercedes S-class dibandinkan mobil yang lain yang berfungsi sama, yaitu memindahkan kita dari satu tempat ke tempat lain.
atau kenapa orang memilih menggunakan hp merk terbaru dengan segala fitur handal yang dimiliki, padahal mungkin secara keseharian hanya menggunakan fasilitas telepon dan sms, yah internetan juga tidak setiap waktu

eit.. tunggu dulu. ternyata dari kebanyakan orang membeli suatu barang atau mengambil keputusan terkadang tidak selalu berdasarkan fungsinya tetapi ada emosi yang menyertai pengambilan keputusan tersebut. misalnya ingin terlihat keren, ingin terlihat selalu up date. sehingga apa yang mereka pakai bisa meningkatkan status sosial yang mereka punya di hadapan orang lain.

yah ini lah yang biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang ketika menjual suatu barang. sehingga ketika membeli sesuatu, tidak selalu berdasarkan kebutuhan tapi berdasarkan keinginan semata yang mungkin beberapa waktu setelah membeli barang tersebut malahan tidak berguna. misalnya ketika kita punya mobil S-class gara gara pembelian tersebut atas dasar gengsi jadi saja mobil tersebut lebih banyak nongkrong di garasi dan dipake supir. sehingga kecintaan kita pada suatu barang hanya cuma sesaat saja.

jadi berdasarkan penggalan cerita diatas dalam memilih barang kita memang harus selalu melihat kebutuhan kita. terkadang memang bisikan orang atau tukang dagang / suasana status sosial selalu menimbulkan emosi keinginan yang begitu hebat sehingga kita tidak pernah pikir panjang dalam membeli sesuatu sehingga pada akhirnya apa yang kita beli hanya kita gunakan sebentar saja dan selanjutnya tidak ter urus dan menjadi sampah.


hahaha... ane cuma denger sepotong (dari radio)
sudah deh...

6 comments:

  1. termasuk juga org2 tertentu yg kiranya hanya untuk sekedar makan, namun daLam satu porsinya bisa menghabiskan uang ratusan ribu rupiah. padahaL disekeLiLingnya masih banyak yg keLaparan.

    ini merupakan reaLita yg dewasa ini terjadi, dimana dekadensi rasionaL sudah tergeser oLeh perasaan yg tdk diseimbangkan. intinya hanya agar di anggap eksLusif ataupun dibiLang "wah".

    ReplyDelete
  2. hahahaha,,,makan merk aja tuh...hehehe

    padahal duitnya masih bisa dipake buat keperluan yang laen...

    ReplyDelete
  3. yah mau gimana wong nama nya juga idup. fisik yang keliatan duluan,
    ada sebuah ungkapan dalam bahasa inggris
    "don't judge a book by its cover"
    tapi di sisi lain ada juga yang bilang
    "you are what you wear"
    yah jadi orang orang pada umumnya melihat kita dari apa yang kita gunakan, kalau udah lama lama baru bisa ketahuan deh aslinya kayak gimana..
    hehe

    ReplyDelete
  4. mungkin kalau pakai jam yg agak mahal waktunya bertambah jadi 25 jam/hari kali ya.. hiiii

    btw, linknya udah saya pasang ya..

    -salam-

    ReplyDelete
  5. "sudah deh..."

    memang-memang-memang

    -rio-

    ReplyDelete
  6. # Kakak Iin, kasian dunk kalau pake jam yang kemurahan, ntar jam nya juga jadi 20 jam segalanya jadi di korting hahaha
    salam kenal juga..

    ReplyDelete