welcome

Berbagi cerita apa apa yang terlintas dalam pikiran..

Sunday, November 21, 2010

Kuliah Lapangan sesi 1 (Waduk Jatigede)

Kemaren tanggal 19 hari sabtu pagi ampe tanggal 21 (minggu pagi), saya dan teman teman sipil melakukan kuliah lapangan,
destination utama yang akan di kunjungi yaitu
1. Pembangunan jatigede
2. Pembangunan jalan tol semarang-bawen

kemudian ditambah jalan jalan sedikit di kota semarang salah satunya di rumah makan super penyet semarang dan jalan jalan di masjid demak, walaupun tepatnya hanya numpang sholat saja.

oke.. saya akan bercerita tentang destination yang pertama, yaitu waduk jatigede,
denger denger jatigede merupakan waduk terbesar kedua setelah waduk jatiluhur lho, dan study kelayakan mengenai waktu tersebut sudah dilakukan dari tahun 1962 (wow lama amat yaa) kemudian dimulai dibangun pada tahun 2004.

banyak hal yang saya liat disini mulai dari as bendungan (ya iyalah), kemudian truk truk yang sedang melakukan pekerjaan dan tentunya para pekerja donk.katanya sih ada terowongan atau diversion channel, tapi ane kaga kebagean liat..

kebetulan kemaren saya mendengarkan cerita dan pengarahan dari pemandu, dan kebetulan pula yang sedang diomongkan adalah tentang longsordan  pengaruh claystone (sejenis tanah), yang saya inget adalah bagian claystone ada yang bilang clayshell, katanya sih merupakan tanah keras (daya dukung tinggi), tapi ketika di kupas atau di ganggu dan bersentuhan dengan udara luar, tanah ini daya dukungnya turun drastis, kalau ga salah denger yaa..
kalau misalnya tanah claystone ini terganggu ntar mengakibatkan tanah yang diatasnya bisa meluncur jadi bisa mengakibatkan longsor, jadi apa yang harus dilakukan donk kalau misalnya tanah claystone ini terlanjur digali atau terkelupas, tanah claystone tidak boleh dibiarkan terlalu lama (denger denger sih seminggu) kudu buru buru di semprot pake sement
apa yaa bahasa kerennya, shortconcrete gt.
ya gt deh..
Owh itu dalam pembangunan Bendungan tentunya banyak hambatan yang terjadi, baik dari segi kontruksi dan sosial, untuk masalah sosial yang saya denger sih katanya ada beberapa situs (alias tempat yang dianggap sakral) oleh penduduk yang ga boleh dipindahkan seperti makam .... (saya lupa makamnya siapa), yah merupakan tantangan tersendiri supaya proyek besar ini bisa tercapai.
sudah deh.


maaf yaa. ini cuma sharing yang saya liat, kalau pengen tau informasi yang lebih jauh mengenai waduk jadigede silahkan googling ajah. mungkin disitu ada informasi yang lebih lengkap deh...
sedikit dokumentasi mengenai waduk jatigede













haseek...

6 comments:

  1. thanks sob sharenya.
    indah foto-fotonya

    ReplyDelete
  2. wew,,,kuliah lapangannya mantep yo...

    ReplyDelete
  3. masi ada 1 episode lagi. besok deh postingannya hehe..

    ReplyDelete
  4. rajin maneh ditulis di blog euy

    ReplyDelete
  5. Ini tepat didaerah kampung saya, mudah2x-an cepat selesai...

    ReplyDelete