welcome

Berbagi cerita apa apa yang terlintas dalam pikiran..

Sunday, September 19, 2010

Dikejar Waktu Atau Mengejar Sang Waktu

Tulisan ini kubuat sebelum aku masuk kuliah besok pagi,
semoga saya tetap diberi semangat untuk selalu memanfaatkan waktu yang telah di berikan Nya..
hmm sadar atau tidak sadar hidup kita selalu dibatasi waktu...
kalau di kantor sering kita dengar
"wuih udah jam 5 sore neh, waktunya pulang.."
jam kerja di kantor dibatasi ampe jam 5,
atau kalau di rumah mamah sering bilang.
"oooy udah jam 9 lebih neh.. udah waktunya bobo, ntar besok sekolahnya kesiangan"
tuh kan dibatasin lagi. jadi kudu bobo...


sang waktu memang tidak bisa dikendalikan, mau digimanain juga ya bakalan tetep 24 jam, mau kita tidur di bandung, di london, tetep aja weh waktu itu bakalan 24 jam
karena kita enggak bisa nyetop waktu, mungkin yang kita bisa lakukan hanya mengatur diri kita sebaik mungkin sehingga kita tidak membuang waktu. kita harus senantiasa berlari menggunakan waktu yang ada sehingga tidak terbuang secara sempurna...

kalau di buku sinar dunia, ada pepatah yang berbunyi.
"never put off till tomorrow what you can do today"
yah klo yang ane tangkep seh, jangan tunda tunda kerjaan lo.. klau bisa di kerjain hari ini ya selesaikan hari ini, jangan tunggu ampe besok , karena besok pun masih ada banyak kerjaan yang harus kita kerjakan.
kalau kita lambat dan selalu menunda nunda, yaaah kalah ama yang lain dunk. khan kita dalam hidup selalu berjuang tuk selalu mengalahkan yang lain...

banyak cara sebenarnya untuk supaya kita enggak terlalubuang buang waktu..

1. kita harus punya jadwal pribadi.
dengan adanya jadwal hidup kita bisa lebih teratur. udah punya jadwal maen, jadwal tidur, jam belajar, jam ngenet dan jam lain lainnya.
kalau udah punya jadwal usahakan konsisten dengan apa yang telah di jadwalkan
kalau waktu belajar, yaaaa pake belajar dengan serius,,
kalau waktu maen yaaa pake maen sepuasnya juga lah.

bukannya pas waktu belajar malah pengen maen. *hehehe sering terjadi juga ama saya..

2. punya targetan harian atau deadline
kalau kita udah punya targetan, yah mau ga mau kita harus kerjain tuh target.
jadi ada kegiatan hari ini yang musti di kerjain, misal,
- belajar 1 jam
- baca artikel bahasa inggris
- ngafal
- latihan soal
dll lah,
jadi hidup kita rada guna dikit lah, intinya selalu harus ada hal yang berguna/bermanfaat yang harus kita lakukan setiap harinya.
kalau ga da targetan hidup kita khan nyante karena enggak tau apa yang harus di kejar.
taw taw waktu abis buat nonton ato buat jalan... (ga dapet apa apa deh)

3. mungkin kalau sering nongkrong di depan kompie. coba pake pake software yang berguna menjaga jadwal kita, baik itu remembering, ato software yang ada alarm nya yang penting mah supaya kita selalu sesuai aja pake waktu nya jadi ga banyak kebuang

dulu saya pernah denger sebuah cerita...
dalam hidup tuh kita berperan seperti kancil dan harimau...
kok gitu??
gini neh,
si kancil harus selalu waspada terhadap si harimau karena kalau enggak ntar dia bisa mati di terkam harimau kalau dia lambat sedikit..
begitu pula si harimau, kalau harimau lambat maka si kancilnya keburu kabur jauh.. sehingga ia pun harus selalu awas mengawasi si kancil, kalau lambat dikit ya ntar dia mati deh

nah kita mau jadi apa neh.. si kancil yang harus selalu waspada ke si harimau?
atau mau jadi harimau yang selalu awas kepada si kancil
kalau kita dalam hidup lambat yaaah ntar kita selalu dikalahkan sang waktu sehingga kita selalu tidak menghasilkan apa apa..
jadi yuk mari kita coba manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin karena kita masi idup...


semoga bermanfaat






2 comments:

  1. "Biasa indonesia" kalimat tsb selalu terlontar oleh banyak orang sbg pengganti kata "telat". Apakah ketelatan sudah begitu berkarakter Indonesia, sehingga orang indonesianya sendiri membuat pribahasa2nya sendiri menggunakan nama Indonesia utk konotasi yg negatif ?

    Mari maanfaatkan waktu sebaik mungkin, karena dunia ini terlalu singkat utk dipakai berdiam diri.

    Semangat kawan, terimakasih atas inspirasi lewat tulisan ini.

    ReplyDelete
  2. sama sama dodi.... thx for comment..

    ReplyDelete